Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melantik 201 Pejabat Struktural baru untuk periode tahun 2017/2021 pada hari Kamis (30/8). Para pejabat tersebut resmi diangkat untuk menjadi kepala dan pengurus dari berbagai unit yang ada di UMY. Pelantikan tersebut dilakukan oleh Rektor dan juga disaksikan oleh Ketua, Sekertaris, serta Anggota Badan Pelaksana Harian (BPH) UMY. “Saya harus memastikan bahwa setiap biro dan unit kerja di UMY ini dipegang oleh orang-orang yang kompeten. Ini agar kita dapat memastikan perkembangan dan kemajuan UMY sebagai sebuah institusi pendidikan dan pengabdian pada masyarakat,” ujar Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP ketika memberikan sambutan kepada pejabat baru setelah melakukan pengambilan sumpah atas jabatan baru yang diemban.

Gunawan menyebutkan bahwa hal tersebut dilakukan guna semakin membangun citra UMY yang merupakan salah satu unit usaha Muhammadiyah. “UMY merupakan salah satu unit usaha yang menjadi representasi dari Muhammadiyah. Yaitu sebagai etalase yang harusnya memamerkan kualitas terbaik dari Muhammadiyah. Ini juga agar kita dapat memajukan UMY sehingga dapat menjadi sesuatu yang dapat kita banggakan. Untuk itu saya ucapkan selamat kepada seluruh pejabat baru yang hari ini dilantik. Saya doakan anda semua selalu dilimpahkan kesehatan serta rejeki agar dapat menunaikan amanah yang diembankan,” ujar Gunawan.

“Kita baru saja mengunggah 1028 borang untuk keperluan Assesmen Kecukupan Institusi Perguruan Tinggi (AIPT). Isinya beragam mulai kemahasiswaan, penganggaran, hingga pengabdian kepada masyarakat. Selain itu juga terdapat Tata Pamong yang memiliki porsi 28 persen dari keseluruhan berkas. Tata pamong ini merupakan kemampuan dari para pejabat dalam mengontrol unitnya, dan hal itu akan kita tampilkan dalam laman kepegawaian UMY. Laman tersebutlah yang akan kita tunjukkan pada asesor nantinya. Untuk itu kinerja yang baik akan sangat kita harapkan dari para pejabat baru ini. Dalam hal ini saya ingin menekankan pentingnya budaya tepat waktu dalam beraktivitas. Selamat beramal jariyah kepada umat,” terang Gunawan melanjutkan.

Dalam kesempatan ini Prof. Syamsul Anwar selaku ketua BPH juga turut menyampaikan selamat kepada pejabat baru. “Kami berterima kasih kepada para pejabat struktural yang baru karena sudah mau memberikan waktu dan tenaga untuk membantu rektor dalam memajukan kampus. Semoga pelantikan anda diberkahi dan menjadi awal yang baik bagi UMY. Di sini saya berharap agar UMY dapat secara baik bekerja sama dengan persyarikatan Muhammadiyah. Karena seperti yang sudah disampaikan bahwa UMY merupakan amal usaha Muhammadiyah dalam pendidikan tinggi. Untuk itu saya berharap selain dalam tugasnya mengembangkan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, semoga dapat disumbangkan juga manfaatnya ke Muhammadiyah,” paparnya.

“Salah satunya dapat membantu unit pendidikan yang lebih rendah, karena mereka seringkali mengalami maju mundur dalam beraktivitas. Saya berharap UMY dapat membantu penyelesaian permasalahan yang mereka alami sehingga dapat dicarikan solusinya agar mereka juga dapat berkembang lebih baik dan maju. Selan itu juga dengan akan diadakan bandara baru di wilayah D.I. Yogyakarta ini saya juga berharap agar UMY dapat melihat berbagai potensi ekonomi yang akan muncul sehingga dapat juga dimanfaatkan oleh Muhammadiyah. Inilah sinergi yang berwujud, antara UMY dan persyarikatan,” tutupnya. (raditia)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest