Himpunan Mahasiswa sebagai Komponen Catur Dharma UMY

Mei 13, 2016 oleh : superadmin-mi

IMG_0563

Hampir 2 (Dua) tahun kegiatan pembelajaran di Program Studi Magister Ilmu Hukum berjalan, interaksi antara dosen atau pengelola dengan mahasiswa secara akademik hanya terjadi ketika di perkuliahan atau di Tata Usaha MIH untuk urusan administrasi akademik. Namun dalam jangka waktu tersebut belum ada inisiasi dari mahasiswa mendirikan organisasi mahasiswa yang dikarenakan beberapa faktor yang salah satunya faktor kesibukan.

Pada tanggal 13 Mei 2016 merupakan hal yang bisa dikatan hari yang bersejarah bagi mahasiswa MIH karena telah diresmikannya Himpunan Mahasiswa Magister Ilmu Hukum. Peresmian tersebut dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Hukum, Sekretaris Direktur Pascasarjana bidang Akademik (Dr. Muh Nurul Yamin, M.Si), Ketua Himpunan Pascasarjana UMY (Dedep Nugraha) dan seluruh mahasiswa MIH.

Dalam pertemuan tersebut diawali oleh Dr. Yeni Widowaty, SH, M.Hum selaku Kaprodi menyampaikan, “Forum ini nantinya akan membantu dalam proses akreditasi, karena saat ini sedang penyelesaian borang akreditasi, terlebih lagi sebagai penghubung antara dosen kepada seluruh mahasiswa dalam urusan apapun.”(13/5)

Selanjutnya penyampaian dari Dr. Muh Nurul Yamin, M.Si, “Organisasi mahasiswa pascasarjana berbeda dengan himpunan mahasiswa S1, jika S1 lebih menekankan pada kegiatan sebagai eksistensi organisasinya sedangkan mahasiswa pascasarjana ikut membantu dalam tri dharma perguruan tinggi, bahkan catur dharma. sehingga dapat memajukan universitas”. Muh Yamin juga menambahkan bahwa organisasi mahasiswa dapat membantu dalam penyelenggaran publikasi bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan tesisnya, “Keputusan direktur pascasarjana mewajibkan mempublikasi tesisnya dalam sebuah forum, namun bagi saya tidak adil jika direktur mewajibkan sedangkan direktorat pascasarjana tidak memfasilitasi. maka dari itu, ini merupakan tugas saya untuk menyelenggarakan forum di Pascasarjana UMY, selain dari asosiasi pascasarjana PTM se-Indonesia. Oleh karena itu, proses penyelenggaraan nanti saya meminta bantuan dari himpunan mahasiswa dari setiap prodi di pascasarjana UMY.”(13/5)

selanjutnya ketua himpunan mahasiswa pascasarjana (HMP) UMY menyampaikan tentang program kerja yang tidak jauh dari yang disampaikan sekretaris direktur, namun ketua HMP lebih menegaskan bagaimana jalur koordinasi himpunan mahasiswa prodi dengan HMP dan menjelaskan beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh anggota himpunan mahasiswa. Dalam forum tersebut secara langsung pemilihan ketua himpunan mahasiswa MIH secara aklamasi dan langsung dilantik oleh Kaprodi yang didampingi Sekretaris Direktur.

Penutup dari acara tersebut ialah sambutan dari ketua terpilih (Sdr. Fathur Rohim, SH) yang akan menghidupkan kegiatan kemahasiswaan terutama diskusi-diskusi ilmiah. —KU

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest