Learning Process

Metode pembelajaran yang disepakati untuk Kurikulum MIH UMY menggunakan beberapa model yang digunakan sesuai dengan mata kuliah yang diampu. Metode pembelajaran yang digunakan adalah :

  1. Small Group Discussion; Melaksanakan macam-macam diskusi pada berbagai mata kuliah dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman, analisis dan kemampuan mahasiswa mensintesa topik yang menjadi bahan diskusi.
  2. Role play & Simulation; Pelaksanaan bermain peran dan simulasi pada pembelajaran di MIH UMY, dilaksanakan pada mata kuliah yang membutuhkan pencapaian psikomotor dan attitude pada mahasiswa. Tujuan dari pelaksanaan bermain peran (role play) dan simulasi adalah untuk mengaplikasikan teori yang telah diperoleh mahasiswa kedalam bentuk kegiatan motorik.
  3. Case Study; Mengingat pendidikan di Magister Ilmu Hukum, memerlukan pemahaman yang luas bagi mahasiswa, maka ada beberapaMata kuliah yang menargetkan mahasiswanya membuat case study yang berasal dari kasus-kasus nyata di masyarakat.
  4. Discovery Learning (DL); dengan memberikan kasus kepada mahasiswa sehingga mahasiswa dapat mencari jawaban dan solusi dengan mengeksplorasi dari berbagai sumber belajar.
  5. Cooperative Learning (CL); Metode belajar ini difokuskan pada pemanfaatan informasi yang tersedia, baik yang diberikan dosen dengan mengup-load kasus, kemudian mahasiswa merespon kasus tersebut, ataupun dosen memberikan kuliah dan mahasiswa memberikan tanggapan ataupun pertanyaan mengenai kuliah tersebut, yang akan dicari sendiri oleh mahasiswa.
  6. Contextual Instruction (CI); Konsep belajar yang membantu dosen mengaitkan isi mata kuliah dengan situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari dan memotivasi mahasiswa untuk membuat keterhubungan antara pengetahuan dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari