Visi dan Misi

Visi Magister Ilmu Hukum UMY:

Mewujudkan Program Magister Ilmu Hukum yang Unggul di Bidang Hukum Ekonomi dan Bisnis Syariah serta Hukum Sumber Daya Alam dan Pembangunan di Tingkat ASEAN pada Tahun 2025 Berdasarkan Nilai-nilai Keislaman.

Misi Magister Ilmu Hukum UMY:

Melahirkan Magister Hukum yang unggul secara intelektual dan moral, sanggup mengamalkan ilmunya dalam menegakkan kebenaran, keadilan, dan kejujuran sesuai ajaran Islam dengan menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dibidang Hukum Ekonomi dan Bisnis Syariah serta Hukum Sumber Daya Alam dan Pembangunan. Dengan rincian sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengembangan ilmu Magister Ilmu Hukum yang didukung tenaga edukatif yang expert dan kompeten serta memiliki pengalaman di bidang Hukum Ekonomi dan Bisnis Syariah serta Sumber Daya Alam dan Pembangunan dengan materi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu hukum bidang Hukum Ekonomi dan Bisnis Syariah serta Sumber Daya Alam dan Pembangunan dengan metode dan konsep serta teori yang mutakhir untuk menjawab kebutuhan dunia praktisi dan teoritis hukum yang berwawasan nasional dan global.
  3. Memberikan pengabdian dengan melakukan kegiatan pengembangan teori konsep dan praktik hukum dibidang Hukum Ekonomi dan Bisnis Syariah serta Sumber Daya Alam dan Pembangunan secara profesional.
  4. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia dan mampu mengabdikan ilmunya untuk kemaslahatan umat.

Tujuan Magister Ilmu Hukum UMY:

Berdasarkan visi misi program studi tersebut diatas, maka tujuan program studi Magister Ilmu Hukum yaitu :

  1. Menyiapkan peserta didik mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan di bidang hukum melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah.
  2. Menyiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan profesional dalam menerapkan, mengembangkan, menegakkan dan menyebarluaskan ilmu hukum serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
  3. Menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dalam menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu hukum.
  4. Menjadikan tenaga edukatif yang berkualitas dan berpengalaman di bidangnya masing-masing sehingga   mampu menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan standar nasional dan internasional.
  5. Menginternalisasi nilai- nilai islam dalam proses kegiatan akademik dan non akademik