Sejarah

Misi dan Tujuan Penyelenggaraan Prodi MIH

Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FH-UMY) merupakan sebuah institusi pendidikan hukum yang didirikan dan dikembangkan dengan karakteristik Islami. Karakteristik Islami tersebut tercermin dalam visi FH UMY yaitu “Mewujudkan pendidikan tinggi hukum yang berwawasan syariah”. Maksud dari ungkapan pendidikan tinggi hukum berwawasan syariah adalah pendidikan tinggi hukum yang unggul dan berorientasi pada nilai-nilai kebangsaan dan KeIslaman baik dari segi proses maupun outputnya. dengan kata lain salah satu spesifikasi dan keunggulan yang diharapkan dari proses pendidikan di FH UMY adalah dikembangkannya paradigma pendidikan demikian diharapkan akan lahir sarjana dan magister hukum dengan tipilogi Islami, intelek dan humanis sebagai perwujudan dari tiga pilar keunggulan yang ingin dicapai melalui proses pendidikan yaitu profetisitas, intelektualitas dan humanitas.

 

Manfaat Prodi MIH UMY

Saat Fakultas Hukum UMY kurang lebih 32 tahun, FH UMY hanya membuka satu prodi saja yaitu Program Studi Ilmu Hukum (S1). Wacana pembukaan Program Magister telah ada sejak tahun 2010 melalui forum rapat kerja FH UMY yang berlangsung pada tanggal 28 Juli 2012 yang kemudian dikonkritkan menjadi salah satu program kerja FH UMY tahun akademik 2012/2013.

Pembukaan Prodi MIH UMY diyakini akan memberikan banyak manfaat, baik secara internal maupun eksternal. secara internal, keberadaan program magister berfungsi sebagai wahana bagi staf pengajar di Fakultas Hukum UMY untuk mengaktualisasikan dan mengembangkan ilmunya. Keberadaan Program Magister dapat membantu memfasilitasi para alumni prodi Ilmu Hukum S1 yang ingin melanjutkan studinya pada jenjang pendidikan S2.